Beberapa Peristiwa Penting 10 Muharram Tentang Kisah Para Nabi

Standar
Hari ‘Asyura merupakan hari yang ke-10 daripada bulan Muharram. Rasulullah SAW telah menggalakkan umat Islam agar berpuasa pada hari tersebut karena beliau memiliki kelebihan yang tersendiri di samping kelebihan bulan Muharram itu sendiri. 10 Muharram juga mencatatkan beberapa peristiwa penting untuk renungan kita bersama,dimana yang telah tercatat dalam dalam kitab Mukasyafatul Qulub yaitu oleh Imam al-Ghazaliialah bahawa pada tarikh tersebut:
1) Terbunuhnya Sayyidina Hussain (cucu Nabi) di Karbala’.
2) Diterima taubat Nabi Adam a.s.
3) Dicipta Adam a.s.
4) Dimasukkan Adam a.s ke dalam syurga.
5) Dicipta arasy, Kursi, langit, matahari, bulan, bintang-bintang.
6) Dilahirkan Nabi Ibrahim a.s.
7) Selamat Nabi Ibrahim daripada api Namrud.
8) Selamatnya Musa dan pengikutnya.
9) Lemasnya Firaun.
10) Dilahirkan Nabi Isa a.s.
11) Diangkat Nabi Isa ke langit.
12) Diangkat Nabi Idris ke langit.
13) Mendaratnya kapal Nabi Nuh dgn selamat di atas bukit Judy.
14) Nabi Sulaiman diberi kerajaan yang besar.
15) Dikeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan Nun.
16) Nabi Yaa’kub dpt melihat kembali selepas drpd menjadi buta.
17) Dikeluarkan Nabi Yusuf daripada telaga buta.
18) Disembuhkan Nabi Ayyub daripada penyakitnya.
19) Hujan yang pertama turun dari langit ke bumi.

10 Muharram adalah hari yang lebih dikenal dengan Hari Asyura’, yang mana kita ingat kembali betapa para Nabi mendapat kemenangan pada hari itu. Hari Asyura’ juga dianggap sebagai hari besar umat Islam, karena ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada saat itu.Beberapa peristiwa penting , dimana para Nabi dan Rasul banyak mendapat anugerah dari Allah subhana wa Ta’ala yang Maha Suci,selain beberapa peristiwa diatas,diantaranya penjelasannya yaitu:

1. Setelah beratus-ratus tahun lamanya Nabi Adam as meminta ampunan dan bertobat kepada Allah SWT, maka pada hari yang bersejarah yaitu tanggal 10 Muharam Allah SWT telah menerima taubat Nabi Adam as. Inilah salah satu penghormatan kepada Nabi Adam as. Ratusan tahun bertobat.. Begitu lama sekali Nabiyullah Adam as melakukan tobat ini.2. Nabi Idris as memperoleh derajat yang luhur, dibawa ke langit disebabkan karena beliau bersifat belas kasihan kepada sesamanya.3. Nabi Musa as mendapat anugrah kitab Taurat ketika beliau berada di bukit Thursina (Sinai) dan Saat diselamatkannya beliau dari pasukan Fir’aun saat menyeberangi Laut Merah.4. Nabi Ibrahim as terhindar dari siksaan raja Namrud, karena di tuduh menghancurkan berhala dikuil tempat pemujaan Namrud, meskipun beliau sudah dilemparkan kedalam api unggun yang menyala-nyala

5. Nabi Nuh as turun dari perahu penyelamat bersama umatnya yang beriman, terhindar dari air bah dan taufan yang dasyat.

6. Nabi Yusuf as di bebaskan dari penjara mesir. Karena sebelumnya ia dituduh Zulaikha yang menuduh Nabi Yusuf as memperkosanya, padahal sebaliknya, bahwa wanita itu yang mengajak berbuat zina

7. Kesembuhan Nabi Yakub dari kebutaan dan beliau dipertemukan kembali dengan putranya yakni Nabi Yusuf pada hari Asyura.

8. Allah SWT menerima taubat Nabi Yunus as , dan menyelematkan beliau dari perut ikan nun (jenis ikan yang sangat besar).

9. Pada tanggal 10 Muharam, Allah SWT telah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman. Tanggal itu merupakan suatu penghormatan kepada beliau. Akhirnya sebagai bentuk rasa syukur, Nabi Sulaiman berpuasa dan beribadah kepada Allah SWT.

10. Nabi Daud as di sucikan dari dosa dan dibersihkan dari segala fitnah serta tuduhan. Di sebabkan beliau telah mengirimkan panglimanya hingga gugur, padahal sang panglima memiliki istri yang amat cantik.

11. Pada 10 Muharam ini juga, Allah mengangkat Nabi Isa as ke langit, di mana Allah telah menukarkan Nabi Isa as dengan Yahuza. Ini merupakan satu penghormatan kepada Nabi Isa as daripada kekejaman kaum Bani Israil.

12. Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya pada hari asyura’ mendapat anugrah dan kewaspadaan dalam menetapi hidayah Al-Qur’an (hijrahnya Rasulullah SAW).

Oleh karena pentingnya kejadian-kejadian tersebut, yakni pada hari Asyura’ para Nabi banyak memperoleh anugerah dari Allah subhana wa Ta’ala. Maka bagi umat Islam disunnahkan (diutamakan) untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak tafakur serta menambah amal ibadah lainnya.

Puasa Asyura menghapus dosa-dosa kecil yang telah diperbuat tahun lalu.

“Seutama-utama shalat fardu adalah shalat malam/tahajjud, dan seutama-utama puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, muharram,”(HR. Muslim).
Sehingga pada hari Asyuro umat Islam disunnahkan untuk melakukan banyak kebaikan..
Wallahu a’lam bishawab
Barakallahufikum ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s