asrama panti asuhan

Siapa bilang kegiatan berkunjung ke Panti Asuhan itu membosankan? Ketika kita berkunjung ke Panti Asuhan justru banyak manfaat yang kita dapat lho. Alhamdulillah untuk yang kesekian kalinya kami masih diberi kesempatan untuk berkunjung ke Panti Asuhan, yaitu pada hari Jum’at, 6 Juni 2014 bersama keluarga besar Universitas PGRI Yogyakarta (Program Studi PGSD dan BK) berkunjung ke Panti Asuhan Hafara yang beralamat di RT 05/RW 17, Ganjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kunjungan ke Panti Asuhan ini selain sebagai tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling yang diampu oleh dosen pembimbing Ibu Enik Nur Kholidah, S.Pd., M.A, juga bertujuan untuk mengajarkan kepada kita akan arti kasih sayang kepada sesama, saling mengasihi sesama, sekaligus peduli akan lingkungan sekitar. Selain itu menanamkan kepada kita mengenai pentingnya berbagi dengan sesama, sehingga dapat menjadikan kita manusia yang lebih baik. Kemudian mengajarkan agar kita pandai bersyukur dengan apa yang telah kita miliki, karena masih banyak anak-anak yang kurang beruntung. Selanjutnya yaitu mengajarkan kita akan kesederhanaan dilingkungan panti asuhan.

.panti

 

Sambutan hangat dari pihak Panti Asuhan Hafara di Pendopo Panti

sambutan panti

 

Sambutan hangat dari pihak Panti Asuhan Hafara

 

bu enik

 

Sambutan dari Ibu Enik Nur Kholidah, S.Pd., M.A

selaku dosen pembimbing mata kuliah BK

Pada hari itu kami berkunjung ketika sore hari atau ba’da asar. Senang sekali rasanya kami mendapatkan kesempatan untuk dapat berkunjung ke Panti Asuhan Hafara, kami dapat berbagi pengalaman, dan keceriaan bersama dengan mereka. Saya merasa beruntung dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki semangat hidup yang tinggi. Sambutan yang hangat dari para anak-anak panti dan para pengurus panti asuhan Hafara. Tempat yang sederhana, asri, sejuk dan menyatu dengan alam. Acara yang sederhana namun meriah, diawali dengan do’a dan dilanjutkan sambutan oleh ketua kelas A3-11 Prodi PGSD, perwakilan dari prodi BK, dilanjutkan sambutan dari Dosen Pembimbing Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Ibu Enik Nur Kholidah, S.Pd., M.A dan sambutan dari perwakilan pengurus panti asuhan Hafara. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara teman-teman mahasiswa dengan pihak Panti Asuhan Hafara. Sungguh menjadikan bertambah akrabnya kami dengan teman-teman dari panti. Selain tanya jawab, mereka juga berbagi cerita dengan teman-teman mahasiswa. Bercerita tentang kisah hidupnya di Yogyakarta. Sebut saja ia Si A dia adalah pemuda mantan pecandu narkoba, dimana ia dahulu sempat terpengaruh dan terbawa oleh pergaulan di lingkungan sosial tempat tinggalnya. Kemudian suatu ketika ia ingin berubah, dan ingin berhenti menggunakan  obat-obat terlarang. Kemudian ia berhijrah ke Yogyakarta untuk berobat, dan akhirnya menemukan tempat rehabilitasi yaitu di Panti Asuhan Hafara. Selama 6 bulan ia dapat sembuh dan terlepas dari jeratan obat-obat terlarang. Iapun tidak diperbolehkan oleh keluarganya untuk kembali ke kampung halamannya (Jakarta) sehingga iapun tetap tinggal di Yogyakarta dan ingin terus tetap tinggal di Yogyakarta. Sehingga ia memutuskan untuk membantu pihak panti Asuhan Hafara untuk menjadi relawan di panti tersebut. Ada juga seorang wanita dimana ia merpakan mantan pecandu psikotropika, dan sekarang berhasil disembuhkan. Kini wanita tersebut ikut menjadi pengurus di panti bagian kewanitaan.

Setelah bercengkerama dan berbagi cerita dengan teman-teman panti asuhan Hafara, kemudian dari pihak mahasiswa memberikan kenang-kenangan berupa Poster yang dibuat oleh para mahasiswa, yang diberikan oleh ketua kelas kepada perwakilan pengurus panti asuhan, dan sedikit santunan untuk anak-anak panti. Selanjutnya diisi dengan beberapa ice breaking atau beberapa permainan yang dibawakan oleh teman-teman Mahasiswa dan teman-teman dari Panti Asuhan Hafara, yang menjadikan acara ini menjadi semakin meriah dan semakin mengakrabkan kami dengan teman-teman dari PantiAsuhan. Anak–anak di sana sangat mudah berinteraksi dan menyenangkan. Mereka senang berbagi dan mudah beradaptasi dengan kami semua. Bahagia sekali rasanya bermain bersama mereka. Setelah selesai ice breaking kami membagikan hadiah kepada anak-anak panti Asuhan, merekapun sangat senang sekali. Selanjutnya dilanjutkan dengan berkeliling di lingkungan panti asuhan Hafara. Berkeliling di lingkungan Panti Asuhan Hafara seperti berwisata di tempat Agro wisata, dan sambil belajar dengan lingkungan.

okkkkkk

Penyerahan Poster oleh ketua Kelas A3-11 kepada pengurus panti asuhan Hafara

okk

 

Ice breaking dengan teman-teman mahasiswa dan anak-anak Panti Asuhan Hafara

 

 

 

okey

Ice breaking dengan teman-teman mahasiswa dan anak-anak Panti Asuhan Hafara

ice breaking di panti

Ice breaking dengan teman-teman mahasiswa dan anak-anak Panti Asuhan Hafara

pemberian hadiah

pemberian hadiah kepada anak-anak panti

Sambil mengingat kembali apa yang telah disampaikan oleh salah satu penguus panti asuhan, bahwa berdirinya Panti Asuhan Hafara ini, ternyata berawal dari kegelisahan kehidupan anak-anak di Jalanan, dimana kehidupan jalanan itu sangat keras sekali, bukan suatu hal yang mudah untuk tetap bertahan hidup di jalanan, teradang nyawapun ikut menjadi taruhannya. Kemudian akhirnya dibangun Lembaga Sosial Hafara pada 17 November 2005. Nama Hafara tersebut dicetuskan langsung oleh Em Ha Ainun Najib. Nama Hafara itu sendiri kepanjangan dariHadza Min Fadli Rabbi, yang artinya Kemurahan hati Tuhan. Dengan diberi nama Hafara maka para pendiri lembaga tersebut berharap agar selalu mendapatkan kemurahan dari Allah Subhanahuwata’ala, dan dapat mengentaskan anak jalanan.

Lembaga Sosial Hafara ternyata sudah 8 tahun berdiri, dengan menempati suatu tanah millik desa. Memiliki 12 orang pengurus. Lembaga Sosial Hafara memusatkan pelayanan dan pembinaan untuk para anak-anak yatim, yatim piatu, dan para dhuafa. Kini anak-anak yatim tersebut berjumlah 40 anak. Semua bersekolah, ada yang sekolah di SD Brajan, SD Muhammadiyah Ambarbinangun, SMP PGRI, dan SMP MATARAM. Panti asuhan Hafara menggunakan systim pemondokan dengan tujuan agar memudahkan para pengurus memonitoring perkembangan, kedisiplinan, kemandirian dan kemampuan sosialisasi anak. Di Panti Asuhan Hafara juga terdapat asrama, perpustakaan, komputer, pendopo pertemuan, kolam renang anak, kebun sayuran, kolam ikan, berternak ayam, permainan anak-anak, dan tanaman-tanaman yang bermanfaat.

Di panti asuhan Hafara memiliki kegiatan dan agenda rutin diantaranya yaitu bimbingan ketakwaan, private/bimbel untuk anak-anak, kelas kreatif, pengajian, TPA, dan pertunjukan musik. Lembaga Sosial Hafara juga memiliki program dengan system pemondokan pesantren dengan syarat kontrak sosial, misalnya ada gelandangan-pengemis atau orang dengan gangguan mental telah masuk ke panti asuhan Hafara atau lembaga sosial Hafara maka merekapun tidak diperbolehkan untuk kembali hidup dijalanan lagi. Merekan harus ikut serangkaian kegiatan dipanti asuhan tersebut. Mereka harus berpartisipasi dalam kegiatan dan usaha ekonomi produktif yang telah dikembangkan oleh pihak panti asuhan Hafara. Ternyata mereka berasal dari jalanan yang diaantar oleh para petugas SATPOL PP, atau bagi penderita gangguan jiwa terkadang kiriman dari rumah sakit yang tidak diperhatikan keluarga atau sudah tidak bisa menangani pasien tersebut.

Selain kegiatan diatas pihak Lembaga Sosial Hafara dapat merehabilitas gangguan kejiawaan dan psikotik atau pecandu narkoba. Pihak panti asuhan Hafara menyediakan kamar isolasi, Asrama/Kamar tinggal, pakaian dan makanan sehari-hari. Kemudian mereka diobati oleh para pengurus panti yang sudah mahir dalam penanganan tersebut. Pihak panti juga dapat mengurus pemakaman ketika pasien atau yang tinggal di panti asuhan tersebut meninggal dunia dan tidak ada sanak saudara yang mengambil.

Tak terasa, waktu begitu cepat berlalu. Waktu sudah menunjukkan pukul 17.30. Sekarang waktunya mereka untuk bersiap-siap untuk menunaikan shalat magrib. Kami pun berpamitan kepada teman-teman panti asuhan Hafara, sebelum berpamitan kami ditawari berbagai hasil kerajinan tangan karya-karya mereka, lukisan, gantungan kunci, dll. Kamipun membeli ganungan kunci tersebut. Kemudian kami berpamitan undur diri.

Terima kasih saya ucapkan kepada pihak Lembaga Sosial dan Panti Asuhan Hafara yang tela memberikan kesempatan kepada keluarga Besar Universitas PGRI Yogyakarta, khususnya para sahabat PGSD kelas A3-11 dan teman-teman dari BK untuk berkunjung ke panti Asuhan tersebut. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Enik Nur Kholidah, S.Pd., M.A yang telah membimbing kami, tak pernah lelah mengajarkan kami akan banyak hal, dan terima kasih tiada terkira karena telah memberikan banyak ilmu kepada kami. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para teman-teman yang mensukseskan acara kunjungan ke Panti Asuhan Hafara, sehingga acara ini dapat terealisasi dan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti.

Semoga dengan acara kunjungan Panti Asuhan dapat menambah ukhuwah diantara teman-teman panti asuhan Hafara dan para teman-teman Mahasiswa, menjadikan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita dapat, bersyukur dengan yang telah kita miliki selama ini. Semoga menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Menjadikan kita gemar beramal dan berbagi dengan sesama. Dan semoga dilain kesempatan kami dapat berkunjung kembali ke Panti Asuhan untuk menambah ukhuwah sikaturami kita. aamiin

ikan-nila

 

Kolam ikan di Pnti Asuhan Hafara

kebun

 

Kebun sayuran dan buah Panti Asuha Hafara terlihat asri 

.bangunan di panti

Bangunan di Panti Asuhan Hafara

asrama

Asrama panti asuhan Hafara

narsiss disamping kolam ikan

Samping kolam ikan Panti Asuhan Hafara
kolam ikan

Teman-teman mahasiswa sedang mengamati kolam ikan di Panti Asuhan Hafara 

narsis di panti bersama teman2 a3-11

Bersama para sahabat kelas A3-11

.narsis dipanti

Bersama para sahabat A3-11

.with teman-teman A3-11

Bersama para sahabat A3-11

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s